Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Samsung J5 PRIME 2017 2 Jutaan - Indonesian


SAMSUNG J5 PRIME 2017 - senang sekali karena malam ini adalah malam minggu yang seperti hari - hari biasanya, yang tak pernah bosan melewati malam minggu di akhir tahun hanya di rumah dan sendiri di kamar. Tentu saja saya tidak merasa kesepian, karena saya akan membuat kesibukan saya malam ini untuk mereview samsung galaxy j5 prime terbaru 2017. 

Tampilan Layar

Samsung Galaxy J5 Prime menawarkan layar TFT HD 5 inci dengan ketajaman 294 piksel per inci, tingkat ketajaman yang cukup bagus untuk tidak membuat piksel terlihat pada mata telanjang. 



Menariknya, kualitas tampilan juga lumayan bagus meski tidak menggunakan panel AMOLED. Warna masih kaya dan cukup dinamis. Ini juga tingkat keseimbangan warna yang cukup dekat dengan tampilan IPS. Sudut pandang dan keterbacaan sinar matahari layak di katakan sedikit cukup bagus. 

Namun, Samsung gagal memasukkan sensor cahaya untuk kecerahan otomatis. Anda perlu menyesuaikannya secara manual untuk mendapatkan pengalaman menonton terbaik per skenario. 

Ada mode luar yang ditemukan di laci pintas untuk kecerahan ekstra di bawah sinar matahari langsung. 

Samsung J5 Ini juga sudah memiliki respon sentuhan layar 5 poin multitouch juga, cukup layak. 

Kualitas Audio

Samsung menempatkan speaker tunggal Galaxy J5 Prime di sisi kanan ponsel di atas tombol power. Kualitas suara yang datang dari samsung J5 ini kedengarannya bagus, cukup jelas dan jernih. Ini lebih merupakan speaker mid-centric meskipun sebagai titik terendah dan tingginya terdengar nyaring. Tingkat kelemahan baik-baik saja, tapi tidak terlalu keras. 

Untuk headphone atau earphone, kualitas lagu juga lumayan bagus. Hal ini tidak pada tingkat HiFi belum, tapi kebanyakan harus menemukannya cukup bersih dan mampu. Ada beberapa pukulan bass tambahan yang terlihat juga. Mids dan tinggi cukup rinci. Kekuatan mengemudi juga oke. 

Di bawah ini, hanya ada satu setup mic. Ini bagus untuk panggilan, tapi bagus untuk rekaman audio. Jangan berharap untuk merekam dengan sedikit kebisingan. 

Daya tahan baterai

Nilai baterai bagus!
Ini adalah sorotan tak terduga dari telepon Samsung J5 . Secara pribadi, saya tidak begitu senang saat mengetahui bahwa Galaxy J5 Prime hanya dilengkapi dengan kapasitas baterai 2.400 mAh meski layarnya hanya 5 inci. 
Terbaik di kelas efisiensi baterai! 

Untungnya, Samsung melakukan pekerjaan rumah mereka dengan sangat baik dan mengoptimalkan efisiensi baterai perangkat ini ke MAX. Berdasarkan uji coba PC Mark kami, Galaxy J5 Prime berlangsung selama 15 jam dan 43 menit! Itu bahkan lebih dari beberapa 5.000 mAh baterai bertenaga ponsel kami diuji di masa lalu seperti ZenFone 3 Zoom dan Liquid Zest Plus . 

Dalam penggunaan kehidupan nyata, layar kami hampir 11 jam tepat waktu. Beban kerja telepon selama periode tersebut mencakup banyak pengambilan foto, browsing media sosial, mendengarkan musik, dan permainan ringan. PENTING . 

Waktu pengisian dari 0 sampai 100 persen sekitar 2 jam walau belum support fast carging. jadi menurut saya ini sudah termasuk cepat dalam urusan carging. 

Kamera

Kamera 13 MP f / 1.9 menjadi andalan pada Samsung J5 ini.
Pergi ke sorotan lain dari perangkat ini, Galaxy J5 Prime menawarkan sensor kamera utama 13 MP dengan flash AF dan LED. Hal yang membuatnya istimewa adalah ukuran aperture f / 1.9 nya, yang terluas dan paling terang di kisaran harga PHP 10K. 

Ini memiliki mode pemotretan Samsung biasa seperti HDR, panorama, tembakan terus menerus, wajah cantik, olahraga, mode pro terbatas dan suara dan tembakan. Menariknya, ia memiliki mode malam yang bisa "meningkatkan" gambar dalam kondisi lowlight. 

Kecepatan fokus rata-rata, namun kecepatan rana memiliki delay kedua pada lowlight. Tangan mantap dibutuhkan untuk mencapai tembakan dengan ketajaman yang lebih baik dan kurang kabur. Hal ini dapat fokus pada subjek sampai 3 inci di dekat juga. 

Dengan kualitas gambar, gambar memiliki banyak detail di siang hari terutama untuk penggunaan di luar ruangan. Warna juga oke, meski cenderung kekuningan di lowlight. 

Kamera utama layak di bawah cahaya untuk harga! 

Berbicara tentang lowlight performance, ia memiliki butiran kurang dibandingkan dengan shooter lain dengan ukuran aperture yang lebih tinggi untuk point dan tunas. Tembakan akan lebih lembut, tapi akan memiliki rentang dinamis yang dapat diterima. 

Modus malam built-in akan menyinari gambar Anda dengan cahaya rendah, tapi juga akan memperparah dan membuat stills Anda menunjukkan lebih banyak butir. 

Untuk kondisi pencahayaan yang sangat minim, lampu kilat akan sangat membantu. 

Dan foto berikut adalah hasil kamera dari jepretan Samsung Galaxy J5 Prime 2017:









Kualitas cukup lumayan dalam kondisi pencahayaan yang cerah. Di dalam ruangan akan ada pergulatan, tapi hasilnya masih bisa diterima. Di lowlight atau di malam hari, kualitasnya sangat buruk jika Anda tidak akan menggunakan lampu kilat layar. 

Sampel Kamera Selfie:


Untuk video, Galaxy J5 Prime bisa memotret hingga 30 fps. Kualitas video baik-baik saja di siang hari dan miskin di lowlight. Karena kurangnya stabilisasi, tembakan cenderung sangat goyah hampir sepanjang waktu. 

Kinerja

Berjalan pada prosesor quad core Exynos 7570 milik Samsung sendiri 4x bit dan GPU Mali T720, kinerja keseluruhan Galaxy J5 Prime bagus untuk penggunaan santai. Namun, chipset itu lebih rendah dalam kecepatan kinerjanya dibandingkan kebanyakan ponsel di kelasnya. 

Apalagi, Samsung hanya memasangkan perangkat ini dengan RAM 2 GB untuk multitasking dasar dan 16 GB penyimpanan internal yang dapat diupgrade. Untungnya, ini dapat diupgrade melalui kartu micro SD pada slot khusus karena hanya memiliki penyimpanan 10 GB yang dapat digunakan. 



Permainan tidak apa-apa untuk orang seperti Mobile Legends (pengaturan pertengahan atau rendah) dan permainan ringan lainnya. Ini akan berjuang dengan NBA 2K17 (bahkan pada setting rendah) dan game 3D berat lainnya sekalipun. Pemanasan ringan juga akan hadir. 

Galaxy J5 Prime boot dengan Android 6.0.1 Marshmallow OS dengan TouchWiz UI di atas. Sementara masih tidak di Nougat, antarmuka lumayan bagus dan masih memiliki laci aplikasi jika Anda lebih suka tipe itu. 

Ada banyak aplikasi pra-instal bahkan jika sebagian besar berguna. Ini termasuk Microsoft Office suite, Opera Max, aplikasi default Google, dan Opera Max. Sayangnya, jika Anda tidak membutuhkannya, Anda tidak bisa menghapusnya. 

Yang kami sukai di sini adalah Smart Manager dari Samsung. Ini memiliki mode pengoptimalan untuk penyimpanan baterai, penyimpanan, dan perangkat. Bahkan memiliki mode hemat data ultra yang akan mengurangi kualitas gambar dan grafis agar ponsel Anda mengkonsumsi lebih sedikit data ponsel. 

Selain itu, kami melihat bahwa Samsung mendorong pembaruan pada perangkat ini dari waktu ke waktu. Nougat lain kali silahkan? 

Untuk konektivitas, sangat beruntung mengetahui bahwa Galaxy J7 Prime memiliki dukungan 700 MHz LTE untuk data mobile 4G yang lebih cepat dan stabil. Sinyal GSM juga baik, dan Bluetooth 4.2 juga cepat dan stabil. 

GPS untuk Waze atau Google Maps sebagian besar baik-baik saja dalam pengujian kami juga. Sensor giroskop hadir untuk VR dan AR dan memiliki dukungan OTG untuk perangkat USB. 

Kelebihan Samsung Galaxy J5 Prime 2017

  • Desain premium dan desain yang stylis
  • kamera belakang dan depan yang layak
  • slot kartu micro SD yang berdedikasi
  • Support USBOTG 
  • LTE 700 MHz
  • baterai yang sangat tahan lama untuk kapasitas baterai yang bertubuh kecil.


Kelemahan & kekurangan Samsung Galaxy J5 Prime 2017

  • Sensor terbatas
  • RAM rendah
  • Ukuran penyimpanan dibandingkan dengan perangkat dengan harga yang sama juga rendah
  • tidak ada sensor cahaya
  • Tidak ada giroskop 


Kesimpulan

Apakah Galaxy J5 Prime cukup prima? Baik ya dan tidak. Ya, jika Anda adalah tipe orang yang membutuhkan handset dengan desain premium, layar yang semarak, kamera yang mumpuni, konektivitas yang baik, dan masa pakai baterai yang sangat lama yang berasal dari merek terkenal. 

Tapi, bisa jadi tidak jika Anda membandingkannya dengan ponsel dengan harga sama seperti Asus, Huawei, OPPO, dan Vivo. Mengapa? Kebanyakan dari mereka memiliki kinerja yang lebih cepat, kamera selfie yang lebih baik, dan lebih banyak RAM dan storage dibandingkan dengan Galaxy J5 Prime. 

Secara keseluruhan, ini masih merupakan smartphone yang cukup layak untuk harganya yang masih di kisaran 2.3 jutaan di toko online indonesia Tokopedia.com
Hary Prasetya
Hary Prasetya Ada yg bilang menyendiri itu selalu kesepian. Jadi, karena setiap hari waktu saya lebih sering sendiri bukan berarti saya merasa kesepian. Hanya saja, keadaan membuat saya lebih sering sendiri & saya nyaman menjalaninya. Seringkali saya lebih memilih sendiri. Ada banyak hal yg bisa saya lakukan tanpa harus murung & merasa sepi. Saya justru menikmati kesendirian. Saat sendiri saya memiliki lebih banyak waktu untuk fokus pada diri saya, melakukan banyak hal yg saya sukai. Seperti menulis di blog, nonton film, mendengarkan musik, streaming youtube, media sosial, atau hanya sekedar menikmati waktu sendiri dg tanpa melakukan apapun.